Minggu, 24 Februari 2013

UN OTOMOTIF

UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

LEMBAR PENILAIAN
UJIAN PRAKTIK KEJURUAN

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Kompetensi Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan
Kode : 1289
Alokasi Waktu : 24 jam
Bentuk Soal : Penugasan Perorangan

Nomor Peserta :

Nama Peserta :

No
Komponen/Sub komponen Penilaian Pencapaian Kompetensi
Tidak Ya
7,0-7,9 8,0-8,9 9,0-10
1 2 3 4 5 6
I Persiapan Kerja
1.1. Penggunaan pakaian kerja
1.2. Persiapan tools and equipment
Skor Komponen :
II Proses (Sistematika & Cara Kerja) 2.1. Tune up engine bensin konvensional (karburator)
2.1.1. Pemeriksaan baterai.
2.1.2. Pemeriksaan air & fuel filter.
2.1.3 Pemeriksaan sistem pendingin dan tali kipas.
2.1.4 Pemeriksaan oli mesin.
2.1.5 Pemeriksaan dan penyetelan sistem pengapian.
2.1.6 Penyetelan katup.
2.1.7 Pengukuran kompressi.
2.1.8 Penyetelan karburator & pemeriksaan PCV.
2.2. Perawatan/perbaikan transmisi manual
2.2.1. Melepas transmisi dari kendaraan.
2.2.2. Pembongkaran komponen transmisi.
2.2.3. Pemeriksaan komponen input shaft gear.
2.2.4. Pemeriksaan output shaft gear.
2.2.5. Pemeriksaan Unit Sinkronmesh.
2.2.6. Pemeriksaan Bearing.
2.2.7. Merakit komponen transmisi.
2.2.8. Pengujian operasional perpindahan gigi.
2.2.9. Pemasangan kembali pada kendaraan.
2.3. Perawatan/perbaikan sistem starter.
2.3.1 Melepas motor starter dari engine.
2.3.2 Pembongkaran komponen motor starter.
2.3.3 Pemeriksaan kumparan armature.
2.3.4 Pemeriksaan field coil.
2.3.5 Pemeriksaan sikat dan pemegang sikat.
2.3.6 Pemeriksaan kopling starter dan roda gigi.
2.3.7 Pemeriksaan magnet switch.
2.3.8 Perakitan motor starter.
2.3.9 Pengujian motor starter tanpa beban.
2.3.10 Pengujian motor starter dengan beban.
2.3.11 Pemasangan pada engine.
2.3.12 Pengetesan motor starter pada engine .
2.4. Perbaikan Unit Kopling
2.4.1. Melepas unit kopling dari engine/kendaraan
2.4.2. Pembongkaran komponen unit kopling
2.4.3. Pemeriksaan dan pengukuran unit kopling
2.4.4. Memasang unit kopling ke engine/kendaraan
2.4.5. Menyetel pedal kopling
Skor Komponen :
III Hasil Kerja
3.1. Tune up engine bensin konvensional (karburator)
3.2. Perawatan/perbaikan transmisi manual
3.3. Perawatan/perbaikan sistem starter
3.4. Perbaikan Unit Kopling

Skor Komponen :
IV
Sikap Kerja
4.1. Penggunaan alat tangan dan alat ukur
4.2. Keselamatan kerja
4.3. Kebersihan, Alat, Area kerja dan kendaraan/Media
Skor Komponen :
V Waktu
5.1. Waktu penyelesaian praktik
Skor Komponen :

Keterangan :
Skor masing-masing komponen penilaian ditetapkan berdasarkan perolehan skor terendah dari sub komponen penilaian


Perhitungan nilai praktik (NP) :

Prosentase Bobot Komponen Penilaian
Nilai Praktik
(NP)
Persiapan Proses Sikap Kerja Hasil Waktu ∑ NK
1 2 3 4 5 6
Bobot (%) 10% 50% 10% 20% 10%
Skor Komponen
NK

Keterangan:
• Bobot diisi dengan prosentase setiap komponen. Besarnya prosentase dari setiap komponen ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik program keahlian.
• NK = Nilai Komponen, perkalian dari bobot dengan skor komponen
• NP = penjumlahan dari hasil perhitungan nilai komponen
• Jenis komponen penilaian (persiapan, proses, sikap kerja, hasil, dan waktu) disesuaikan dengan karakter program keahlian.
……………, ………………. 2013

Penilai 1/ Penilai 2 *)

*) Coret yang tidak perlu

KRITERIA PENILAIAN UJIAN
PRAKTIK KEJURUAN

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Kompetensi Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan
Kode : 1289
Alokasi Waktu : 24 jam
Bentuk Soal : Penugasan Perorangan

No. Komponen/Subkomponen Penilaian Indikator Skor
1 2 3 4
I. Persiapan Kerja
1.1. Penggunaan pakaian kerja Berpakaian sesuai ketentuan dengan rapih dan lengkap 9,0-10
Berpakaian sesuai ketentuan kurang rapih tetapi lengkap 8,0-8,9
Berpakaian sesuai ketentuan kurang rapih dan tidak lengkap 7,0-7,9
Berpakaian tidak sesuai ketentuan Tidak
1.2. Persiapan tools and equipment Alat/bahan dipersiapkan lengkap dan sesuai kebutuhan praktik 9,0-10
Alat/bahan dipersiapkan kurang lengkap tetapi sesuai kebutuhan praktik 8,0-8,9
Alat/bahan dipersiapkan kurang lengkap dan kurang sesuai kebutuhan praktik 7,0-7,9
Alat/bahan dipersiapkan tidak sesuai kebutuhan praktik Tidak
II Proses (Sistematika dan CaraKerja)
2.1. Tune up engine bensin konvensional (karburator)
2.1.1. Pemeriksaan baterai. Memeriksa sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.1.2. Pemeriksaan air cleaner.
Memeriksa sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.1.3. Pemeriksaan sistem pendingin dan tali kipas. Memeriksa sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.1.4. Pemeriksaan oli mesin. Memeriksa sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.1.5. Pemeriksaan dan penyetelan sistem pengapian.
Memeriksa sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.1.6. Penyetelan katup. Menyetel sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Menyetel sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Menyetel sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Menyetel sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.1.7. Pengukuran kompresi. Mengukur sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Mengukur sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Mengukur sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Mengukur sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.1.8. Penyetelan karburator dan pemeriksaan PCV. Menyetel/memeriksa sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Menyetel/memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Menyetel/memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Menyetel/memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.2. Perawatan/perbaikan transmisi manual
2.2.1. Melepas transmisi dari kendaraan. Melepas sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Melepas sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Melepas sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Melepas sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.2.2. Pembongkaran komponen transmisi. Membongkar sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Membongkar sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Membongkar sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Membongkar sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.2.3. Pemeriksaan komponen input shaft gear. Memeriksa sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.2.4. Pemeriksaan output shaft gear. Memeriksa sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.2.5. Pemeriksaan Unit Sinkronmes. Memeriksa sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.2.6. Pemeriksaan Bearing. Memeriksa sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.2.7. Merakit komponen transmisi. Merakit sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Merakit sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Merakit sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Transmisi tidak dapat terakit dengan benar Tidak
2.2.8. Pengujian operasional perpindahan gigi.
Dapat melakukan pengujian perpindahan gigi sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Dapat melakukan pengujian perpindahan gigi sesuai SOP , tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Dapat melakukan pengujian perpindahan gigi sesuai SOP , tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Tidak dapat melakukan pengujian perpindahn gigi kecepatan. Tidak
2.2.9. Pemasangan kembali pada kendaraan.
Memasang sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Memasang sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Memasang sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Memasang sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.3. Perawatan/perbaikan sistem starter
2.3.1. Melepas motor starter dari engine.
Melepas sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Melepas sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Melepas sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Melepas sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.3.2. Pembongkaran komponen motor starter.
Membongkar sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Membongkar sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Membongkar sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Membongkar sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.3.3. Pemeriksaan kumparan armature.
Memeriksa sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.3.4. Pemeriksaan field coil. .
Memeriksa sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.3.5. Pemeriksaan sikat dan pemegang sikat.
Memeriksa sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.3.6. Pemeriksaan kopling starter dan roda gigi.
Memeriksa sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.3.7. Pemeriksaan magnet switch.
Memeriksa sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.3.8. Perakitan komponen motor starter.
Merakit sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Merakit sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Merakit sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Merakit sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.3.9. Pengujian motor starter tanpa beban.
Menguji sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Menguji sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Menguji sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Menguji sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.3.10. Pengujian motor starter dengan beban.
Menguji sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Menguji sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Menguji sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Menguji sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.3.11. Pemasangan motor starter pada engine. Memasang sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Memasang sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Memasang sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Memasang sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.3.12. Pengetesan motor starter pada engine. Mengetes sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Mengetes sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Mengetes sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Mengetes sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.4. Perbaikan Unit Kopling
2.4.1. Melepas unit kopling dari kendaraan.

Melepas sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Melepas sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Melepas sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Melepas sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.4.2. Pembongkaran komponen unit kopling.
Membongkar sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Membongkar sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Membongkar sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Membongkar sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.4.3. Pemeriksaan dan pengukuran unit kopling. Memeriksa sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Memeriksa sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.4.4. Memasang unit kopling ke kendaraan. Memasang sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Memasang sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Memasang sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Memasang sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
2.4.5. Menyetel pedal kopling. Dilaksanakan sesuai SOP tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan 9,0-10
Dilaksanakan sesuai SOP tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Dilaksanakan sesuai SOP tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan 7,0-7,9
Dilaksanakan sesuai SOP tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan Tidak
III Hasil Kerja
3.1. Tune up engine bensin konvensional (karburator). Putaran stasioner halus mesin dapat diakselerasi 9,0-10
Putaran stasioner halus mesin kurang dapat diakselerasi 8,0-8,9
Putaran stasioner kasar 7,0-7,9
Mesin sulit dihidupkan Tidak
3.2. Perawatan/perbaikan transmisi manual. Transmisi berfungsi tanpa gangguan 9,0-10
Transmisi berfungsi dengan sedikit perbaikan 8,0-8,9
Transmisi berfungsi dengan banyak perbaikan 7,0-7,9
Transmisi berfungsi dengan sangat banyak perbaikan Tidak
3.3. Perawatan/perbaikan sistem starter. Mesin dapat langsung di-starter tanpa gangguan 9,0-10
Mesin dapat di-starter dengan sedikit perbaikan 8,0-8,9
Mesin dapat di-starter dengan banyak perbaikan 7,0-7,9
Mesin tidak dapat di-starter / dapat di-starter dengan sangat banyak perbaikan Tidak
3.4. Perbaikan Unit Kopling. Perpindahan gigi lembut tanpa penyesuaian 9,0-10
Perpindahan gigi lembut dengan sedikit penyesuaian 8,0-8,9
Perpindahan gigi lembut dengan banyak penyesuaian 7,0-7,9
Perpindahan gigi lembut dengan sangat banyak penyesuaian Tidak
IV Sikap Kerja
4.1. Penggunaan alat tangan dan alat ukur. Menggunakan semua peralatan dengan benar tanpa bimbingan 9,0-10
Menggunakan semua peralatan dengan benar dan sedikit bimbingan 8,0-8,9
Menggunakan semua peralatan dengan benar dan banyak bimbingan 7,0-7,9
Menggunakan semua peralatan dengan benar dan sangat banyak bimbingan Tidak
4.2. Keselamatan kerja. Melaksanakan keselamatan kerja dengan benar 9,0-10
Melaksanakan keselamatan kerja dengan sedikit mengingatkan 8,0-8,9
Melaksanakan keselamatan kerja dengan banyak mengingatkan 7,0-7,9
Tidak melaksanakan atau mengindahkan keselamatan kerja Tidak
4.3. Kebersihan, alat, area kerja dan kendaraan/media. Tidak ada kotoran pada semua peralatan , area kerja dan kendaraan/media 9,0-10
Ada sedikit kotoran pada peralatan, area kerja dan kendaraan/media. 8,0-8,9
Masih banyak kotoran pada peralatan, area kerja dan kendaraan/media. 7,0-7,9
Tidak melakukan kebersihan Tidak
V Waktu
3.1. Tune up engine bensin konvensional (karburator). Menyelesaikan pekerjaan memerlukan waktu maksimal 60 menit 9,0-10
Menyelesaikan pekerjaan memerlukan waktu maksimal 120 menit. 8,0-8,9
Menyelesaikan pekerjaan memerlukan waktu maksimal 180 menit 7,0-7,9
Tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 240 menit Tidak
3.2. Perawatan/perbaikan transmisi manual. Menyelesaikan pekerjaan memerlukan waktu maksimal 60 menit 9,0-10
Menyelesaikan pekerjaan memerlukan waktu maksimal 120 menit. 8,0-8,9
Menyelesaikan pekerjaan memerlukan waktu maksimal 180 menit 7,0-7,9
Tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 180 menit Tidak
3.3. Perawatan/perbaikan sistem starter.
Menyelesaikan pekerjaan memerlukan waktu maksimal 60 menit 9,0-10
Menyelesaikan pekerjaan memerlukan waktu maksimal 120 menit. 8,0-8,9
Menyelesaikan pekerjaan memerlukan waktu maksimal 180 menit 7,0-7,9
Tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 180 menit Tidak
3.4. Perbaikan Unit Kopling. Menyelesaikan pekerjaan memerlukan waktu maksimal 60 menit 9,0-10
Menyelesaikan pekerjaan memerlukan waktu maksimal 120 menit. 8,0-8,9
Menyelesaikan pekerjaan memerlukan waktu maksimal 180 menit 7,0-7,9
Tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 180 menit Tidak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar